Thursday, January 1, 2015

Amelia


Model: Amelia
Canon EOS 5D Mark II
1/100 |  f/3.2 | ISO Speed 1600

Sometime we just do photo shoot without any proper preparation. Below here are some step which I always do in that condition.
  1. Put the concept in your mind
  2. Contact he model, whether she available or not. Tell her about our background concept and ask her to bring several kind of dress base on our concept.
  3. Looking for a suitable location with the concept. And the final approach is trying to do some adaptation about the location.  
  4. Set up the existing props, while the model doing make up.
  5. Check the available light in the location. I prefer use natural light rather than spotlight, lighting nor flash light. Use reflector to fill in the darker area.
The biggest challenge doing this photo shoot is about the model dress.

---

Perencanaan dan persiapan yang matang dalam sebuat sesi foto sebetulnya sangat diperlukan.
Terkadang karena kesibukan di pekerjaan kita harus melakukan sesi foto tanpa persiapan yang matang.
Berikut adalah tahapan yang bisa kita lakukan dalam kondisi tersebut.
  1. Tentukan secara cepat konsep yang akan kalian foto. 
  2. Hubungi model nya, apakah dia ada waktu luang untuk foto shoot atau tidak. Untung-untung dapat model good looking  sesuai dengan konsep yg ada di pikiran kita yang available.
    Note: daftar model menjadi penting sekali.
  3. Jelaskan ke model tentang background konsep yang akan kita foto dan minta dia membawa busana yang sesuai dengan konsep tersebut.
  4. Cari lokasi yang sesuai dengan konsep yang ada di pikiran kalian. Beradaptasilah secara cepat dengan lokasi setelah kalian berada dan melihat langsung lokasinya.
  5. Set lokasi dengan props yang ada di lokasi pada saat model sedang make up
  6. Periksa kondisi cahaya natural di lokasi (untuk kondisi tidak memakai lighting tambahan). Saya lebih memilih beradaptasi dengan cahaya natural dibanding memakai lampu tambahan atau lampu flash. Gunakan reflector untuk mengisi area yang gelap yang membutuhkan rim light.
Tantangan yang terbesar pada foto ini adalah ternyata si model membawa busana yang terbatas, sehingga harus sering sekali kita mengatur jatuhnya busana terlihat natural.

2 comments: